Menyelamatkan usaha kecil dengan perkembangan teknologi modern

Menyelamatkan usaha kecil dengan perkembangan teknologi modern

Dampak pandemi COVID-19 (pandemi global) tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga kehidupan sehari-hari dan perekonomian masyarakat setempat sehingga menimbulkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis juga harus berinovasi.

Misalnya, usaha kecil atau usaha kecil saat ini perlu berinovasi tidak hanya jenis usahanya, tetapi juga cara menjual atau mempromosikannya, sesuai dengan pandemi saat ini.

Industri bisnis harus terus berinovasi untuk bertahan dan bersaing di era kebiasaan baru dan adaptasi era digital.

‚ÄúPelaku UMKM harus menyiapkan solusi untuk mempercepat transformasi digital. Namun UKM tentu tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan digitalisasi. Perlu kerja sama antar pihak, termasuk pemerintah dan penyedia layanan teknologi,” tulis Cisco dalam siaran persnya, Jumat (11/6/2020).

Cisco mendukung UMKM dengan pelatihan talenta digital.

Sebagai penyedia layanan teknologi, Cisco memiliki inisiatif mulai dari pelatihan talenta digital hingga sektor teknologi. Saat UMKM memasuki masa aklimatisasi kebiasaan baru (IMR), ada tiga cara untuk menemukan inovasi terbaru yang memberikan hasil bisnis yang positif.

Menyediakan platform komunikasi virtual yang tepat

Pekerjaan masa depan, salah satunya tentang komunikasi virtual yang mumpuni antar tim. Unit bisnis harus memastikan bahwa karyawan mereka memiliki alat digital yang mereka butuhkan untuk bekerja secara produktif dan aman, serta berkomunikasi dengan lancar dari mana saja.

Membangun komunikasi yang berhasil di mana saja adalah tentang tetap terhubung dengan tim Anda dan terus berkolaborasi dalam pekerjaan.

Sebuah platform untuk konferensi virtual, koordinasi, dan kolaborasi, misalnya, melalui Cisco Webex. Cisco Webex hanya tersedia di smartphone dari semua produsen.

Sifatnya yang fleksibel memungkinkan untuk mendukung kegiatan usaha kecil menengah (UKM) di perusahaan besar, seperti usaha kecil menengah dan start-up, yang biasanya memiliki modal terbatas.

jaringan keamanan siber yang kuat

Tentu saja, Anda tidak dapat berhasil jika tingkat inovasi bisnis kecil Anda tidak aman. Para pelaku UMKM juga menyampaikan bahwa keamanan menjadi prioritas utama. Ini tidak mengejutkan. Alasannya adalah hampir 50% dari semua serangan siber menargetkan bisnis kecil.

Cisco menyediakan sistem keamanan terbaik untuk menjalankan bisnis Anda. Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan adalah saat rapat secara virtual. Cisco menggunakan metode Oauth (standar terbuka untuk mendelegasikan akses). Ini berarti bahwa bisnis dapat menggunakan Cisco untuk mengakses masalah terkait pekerjaan tanpa ‘menghargai’ informasi pribadi karyawan mereka.

Selain itu, penerapan Secure Software Development Lifecycle (SDLC) adalah tentang bagaimana Cisco mengembangkan produk dengan sistem keamanan terbaik di kelasnya. Jadi baik pelaku bisnis maupun UMKM tidak curiga dengan produk Cisco.

Sama pentingnya, Cisco menghadirkan transparansi pada produk keamanannya. Ini karena Cisco memiliki pihak ketiga yang dapat memverifikasi produk keamanan Cisco. Ini diimplementasikan dalam komitmen Cisco untuk bersikap transparan tentang keamanan dan privasi produk yang dibuatnya.

Kelola data bisnis Anda sebagai aset berharga

Saat ini, data dikatakan sebagai aset paling berharga dalam hal data, bukan lagi tanah atau rumah. Manajemen data sangat penting untuk membantu usaha kecil mengatur dan mengamankan bisnis mereka dan bertahan di era transformasi digital.

Misalnya, Cisco menawarkan solusi sistem penyimpanan router dan cloud-configurable yang dimiliki oleh Cisco Meraki. Semua perangkat Cisco Meraki terintegrasi melalui cloud dengan dasbor berbasis web yang mudah dikelola dan aman. Muncul dengan fitur dan kontrol intuitif yang memudahkan pebisnis untuk menghemat waktu, mengurangi biaya operasional dan memecahkan masalah bisnis UMKM.

Selain itu, salah satu tantangan yang dihadapi bisnis saat ini adalah memberikan layanan kepada karyawan yang bekerja di lingkungan kantor atau bekerja dari jarak jauh.

Mendapatkan data real-time dari ruang kantor dan aset sangat penting bagi bisnis untuk mengelola kinerja dan pemeliharaan peralatan jaringan mereka dengan lebih baik. Pelaku UMKM juga dapat mengelola data terpisah dan mengamankan data dari endpoint hingga insight. (Sumber: beritasatu.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*