Penjualan smartphone 5G di Indonesia tembus 500.000 unit!

Penjualan smartphone 5G di Indonesia tembus 500.000 unit!

Kabar mengejutkan datang dari penjualan smartphone 5G yang diperkirakan mencapai 500.000 di Indonesia, meski pandemi tak kunjung reda hingga pemerintah membatasi aktivitas di seluruh wilayah.

Meski baru beberapa bulan jaringan internet 5G dikomersialkan di Indonesia, pasar smartphone 5G menunjukkan tren yang sangat positif. Menurut data hasil riset Firma Riset IDC, masyarakat Indonesia memiliki ketertarikan khusus pada smartphone 5G ini, dan menurut data penjualan, QOQ-nya meningkat dua kali lipat. IDC juga memperkirakan penjualan telah mencapai 500.000 unit.

Ada juga firma riset dari Counterpoint Research yang telah menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan minat Indonesia terhadap smartphone 5G terus tumbuh. Menurut data mereka, pangsa pasar smartphone 5G Indonesia meningkat dari 4% pada kuartal pertama tahun 2021 menjadi 7% pada kuartal kedua tahun 2021.

Counterpoint Research juga mengomentari hal ini dan memperkirakan minat masyarakat terhadap smartphone 5G akan meningkat seiring dengan mulai gencarnya layanan 5G.

Analis Counterpoint Paula Ruth menjelaskan bahwa total pangsa smartphone 5G meningkat dari 4% pada kuartal pertama tahun 2021 menjadi 7% pada kuartal kedua tahun 2021, menurut Channel Share Tracker Indonesia.

Faktor lain yang mempercepat kenaikan peminat ini adalah operator seluler Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL mulai menawarkan layanan 5G secara komersial, meski baru-baru ini XL menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Rata-rata harga jual (ASP) smartphone 5G di Indonesia adalah 575 dolar (sekitar 8,1 juta rupiah). Harga turun 30% dari kuartal terakhir.

Vendor/produsen smartphone ini juga sudah mulai merilis berbagai jenis smartphone 5G tergantung levelnya, sehingga vendor-vendor tersebut sudah mengetahui bahwa kelas menengah dan menengah membutuhkan smartphone yang mendukung layanan jaringan internet 5G. operator seluler Indonesia.

Beberapa merek smartphone seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi dan Realme banyak menghadirkan smartphone 5G kelas menengah. Beberapa penawaran smartphone terbaru adalah Samsung Galaxy A52s, Oppo A74 dan Oppo Reno5.

Namun ternyata layanan internet 5G di Indonesia masih terbatas karena belum semua wilayah memiliki jaringan 5G. Beberapa kota besar yang telah mengkomersialkan layanan 5G adalah Jakarta, Surabaya, Solo, dan Makassar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*