Wanita yang hanya memberi makan lewat ponsel ini berhasil membudidayakan udang dengan hasil tangkapan Rp 1 miliar.

Wanita yang hanya memberi makan lewat ponsel ini berhasil membudidayakan udang dengan hasil tangkapan Rp 1 miliar.

Kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya perikanan yang memiliki kemampuan untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas kerja.

Di Cirebon, seorang perempuan bernama Yeni Rahayu, mantan pekerja kantoran yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya, kini mengabdikan diri pada bisnis keluarganya, yaitu budidaya udang.

Yang menarik dari apa yang dia lakukan adalah dia memanfaatkan teknologi untuk memberi makan udangnya: Internet of Things (IoT). Yeni mengatakan dia menggunakan aplikasi eFisery yang berfungsi sebagai alat makan ikan dan udang berbasis internet.

Nah, aplikasi eFisery ini bisa digunakan untuk sistem pemberian pakan udang atau ikan. Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan jadwal pemberian pakan, yaitu berapa banyak pakan yang perlu ditebar oleh kolam, sehingga Anda dapat memantau pertumbuhan udang atau ikan yang disimpan sebelumnya. Anda dapat mengelola semuanya secara online.

Pengumpan Cerdas eFisery 2.1.3

Banyak orang yang mengatakan bahwa usaha Yeni adalah akuakultur. Alat yang ia gunakan adalah Shrimp eFiseryFeeder, namun menurutnya memiliki sistem yang sangat berguna untuk memberi makan udang, yaitu lebih efisien dari segi jumlah dan waktu penyimpanan pakan.

Yeni juga mengatakan telah menggunakan teknologi untuk mendukung operasi penanaman sejak 2017 dan 2018. “Saya telah menggunakan eFisery sejak awal. Ini adalah waktu dan tenaga yang efisien dan memberi Anda kendali atas biaya pakan Anda,” kata Yeni.

Apa yang dilakukan alat eFisery?

  1. Pengaturan Makan Udang
  2. Kontrol tingkat/jumlah umpan

Nah, Anda bisa mengontrolnya dari aplikasi yang bisa Anda instal di smartphone Anda untuk pemantauan. Hanya mengatur hidup berdasarkan hitungan dan kemudian klik. Setelah itu, alat secara otomatis hidup dan melepaskan pakan untuk disimpan di kolam.

Yeni juga memaparkan pendapatannya dari beternak udang dengan bantuan eFisery. Dikatakannya, sekali panen bisa menghasilkan penjualan hingga Rp 1 miliar, apalagi setelah menggunakan technical support eFisery. Dengan bantuan alat ini, Yeni telah menunjukkan bahwa masa panen dapat dipersingkat dengan mengurangi tingkat konversi pakan (FCR) dan meningkatkan pertumbuhan harian rata-rata (ADG).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*